Cara Agar AC Tidak Terlalu Dingin

Ahli AC Pekanbaru – Masyarakat di Indonesia yang memiliki iklim tropis akan lebih sering bertemu dengan udara panas. Sehingga barang elektronik pendingin udara, seperti kipas angin hingga Air Conditioner atau AC menjadi sebuah kebutuhan.

Bahkan ketika kemarau, udara panas tidak hanya saat siang, namun juga mengganggu istirahat ketika malam hari. Alhasil, AC yang menjadi andalan untuk menciptakan udara dingin dan kesejukan serta kenyamanan cenderung menyala hampir sepanjang waktu.

Tapi, pernahkan Anda merasakan suhu dihasilkan AC menjadi terlalu dingin? Sehingga, Anda harus bolak-balik untuk mengatur AC agar tidak mengeluar suhu yang terlalu dingin.

 

Penyebab AC Terlalu Dingin

Pada dasarnya, penggunaan AC memang untuk menghasilkan udara dingin dan stabil di dalam ruangan. Namun, tentu akan terasa tidak nyaman jika udara yang dihasilkan AC menjadi terlalu dingin, bahkan membuat Anda kedinginan terutama ketika tidur di malam hari.

Lantas, apa yang menyebabkan AC menjadi terlalu dingin?

 

  • Salah Pengaturan pada Remote

Penyebab AC jadi terlalu dingin, biasanya juga disebabkan oleh sesuatu yang sederhana seperti kesalahan pengaturan pada sistem pengendali atau remote. Biasanya, pengguna seringkali mengalami kesalahan ketika menekan tombol pengaturan pada remote AC.

Sebaiknya, periksa kembali pengaturan pada remote dan pastikan remote mengarah ke AC dan tekan sampai bersuara, daripada buru-buru memutuskan membawanya ke jasa service AC.

 

  • AC Tak Bersih

Penyebab lainnya yang membuat AC terlalu dingin yakni mesin pendingin udara tersebut tidak dalam kondisi bersih. Kotoran yang menyumbat, kemungkinan menyebabkan AC tidak berjalan secara optimal.

Jadi, sangat penting untuk membersihkan AC secara berkala agar tidak ada kotoran yang menyumbat bagian-bagian penting lagi.

 

  • Kerusakan

Jika AC dalam keadaan bersih dan pengaturan pada remote sudah benar, tapi mesin pendingin udara tersebut masih mengeluarkan udara yang terlalu dingin kemungkinan besar terjadi kerusakan pada komponen luar mesin.

Bila ternyata demikian, sebaiknya gunakan jasa service untuk memperbaiki dan mengembalikan fungsi AC sebagaimana mestinya.

 

Agar AC Tidak Terlalu Dingin

AC tidak hanya digunakan pada siang hari, saat malam biasanya kebanyakan orang akan menggunakan elektronik ini untuk mendapatkan kesejukan dan kenyamanan agar tidur nyenyak serta berkualitas. Namun, AC yang terlalu dingin justru menjadi kendala saat harus beristirahat malam hari dan membuat Anda harus membuat pengaturan AC lagi.

Untuk itu ada beberapa cara agar AC tidak terlalu dingin, terutama ketika Anda beristirahat di malam hari yakni sebagai berikut ini:

 

  • Pastikan Seluruh Ruang Tertutup

Pertama, sebelum menyalakan AC sebaiknya periksa dan pastikan bahwa seluruh ruangan sudah tertutup dengan rapat, seperti jendela hingga pintu rumah Anda. Dengan demikian, AC dapat bekerja dengan maksimal dan menghasilkan udara dingin yang stabil, namun tidak terlalu dingin.

 

  • Atur Suhu Awal AC

Ketika menyalakan AC, sebaiknya jangan mulai dari suhu yang rendah. Sebaiknya, buatlah pengaturan suhu awal AC pada remote, misalnya dimulai dari 28 derajat. Hindari mengatur dengan suhu awal yang rendah pada AC agar tubuh tidak terkejut dan terasa terlalu dingin.

 

  • Naikkan Suhu Secara Bertahap

Jika sudah merasa nyaman dengan suhu awal, Anda dapat mulai mengatur dan menaikkan suhu secara bertahap, misalnya 2 hingga 3 kali suhu awal AC. Selain itu, Anda juga bisa mengubah pengaturan pada remote AC menjadi mode Auto agar udara dingin yang dihasilkan tidak terlalu dingin dan tetap stabil.

Jika semua cara tersebut tidak mengatasi kendala AC yang mengeluarkan udara terlalu dingin, kemungkinan telah terjadi kerusakan pada mesin pendingin udara tersebut. Sebab, salah satu pertanda AC tidak dalam kondisi prima adalah udara yang dihasilkan terlalu dingin. Bila sudah begitu, sebaiknya segara atas kondisi AC yang terlalu dingin dengan menggunakan jasa service.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan perawatan pada AC secara berkala agar mesin pendingin udara tersebut dapat bekerja dengan optimal. Dengan perawatan yang rutin, AC akan terhindari dari risiko terjadinya kerusakan seperti udara yang dihasilkan terlalu dingin.