Cara Membersihkan AC Biar Dingin

Service AC Pekanbaru – Di negara-negara beriklim tropis, seperti Indonesia, penggunaan mesin penyejuk udara air conditioner atau AC menjadi suatu kebutuhan untuk mengatasi hawa panas. Terlebih lagi, suhu udara tinggi mendominasi sepanjang tahunnya di tanah air ini sehingga menjadikan AC bukan lagi sebagai barang mewah.

Akan tetapi, dalam penggunaannya seringkali terjadinya masalah yang membuat AC tidak lagi mengeluarkan udara sejuk. Bahkan, di beberapa kasus AC hanya mengeluarkan angin namun tidak menyejukkan ruangan.

Lantas, apa yang membuat AC tidak mampu mengubah udara panas menjadi dingin?

 

Penyebab AC Tak Dingin

Seringkali pengguna dibuat jengkel karena AC yang tidak menghasilkan udara sejuk, terutama saat terik matahari dan suhu udara tinggi di dalam ruangan. Sebenarnya, penyebab AC tidak dingin, tak selalu disebabkan oleh kerusakan mesin. Terkadang masalah internal bisa menjadi sumber penyebabnya. Apa saja?

 

  • Jendela dan Pintu Terbuka

Mungkin tidak banyak disadari, jendela dan pintu yang terbuka saat AC menyala bisa menjadi penyebab mesin tersebut tidak mengeluarkan udara dingin.

Mengapa? Ternyata, terbukanya jendela dan pintu saat AC menyala dapat mempengaruhi suhu pada ruangan, sehingga tidak menghasilkan udara dingin seperti seharusnya.

 

  • Filter AC Tidak Bersih

Filter merupakan bagian yang mampu menyaring debu atau kotoran lainnya yang berasal dari dalam udara AC. Jika filter tidak dibersihkan secara rutin, debu dan kotoran akan menyebabkan saringan pada filter tersumbat yang menghalangi udara dingin keluar.

 

  • Kondensor Kotor

Kondensor yang terletak pada bagian luar AC berfungsi memanaskan gas refrigerant atau Freon ke suhu tertentu. Seperti filter, kondensor juga harus terjaga kebersihan. Sebab, kotoran yang ada di bagian terluar AC tersebut bisa menjadi penyebab mesin tersebut tidak mengeluarkan udara dingin.

 

Cara Membersihkan AC Biar Dingin

Debu dan kotoran yang menyumbat komponen penting pada AC seringkali menjadi penyebab AC tidak menghasilkan udara dingin seperti seharunya. Sebab itu, kebersihannya harus selalu terjaga agar Anda tidak merasa jengkel karena AC tidak dingin ketika udara panas mengganggu waktu bersantai Anda.

Selain itu, AC yang bersih akan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit akibat virus dan bakteri yang menumpuk akibat polusi udara dari mesin pendingin yang kotor.

Membersihkan AC pun sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Berikut ini merupakan cara membersihkan AC biar dinginnya terjaga dan menghasilkan udara yang sehat:

 

  • Pastikan Kabel Sudah Dicabut

Sebelum mulai membersihkan, pastikan seluruh kabel yang menghubungkan AC ke sumber listrik sudah dicabut dan mesin penyejuk tersebut dalam keadaan mati. Hal ini dilakukan agar air pada bagian AC tidak menjadi penghantar listrik yang tentunya dapat membahayakan Anda.

 

  • Mulailah dari Cover AC

Pertama, mulailah membersihkan dari bagian penutup atau cover AC. Caranya, Anda cukup menggunakan vacuum cleaner atau alat sederhana, seperti lap kering hingga kemoceng untuk menyingkirkan debu yang sering menumpuk di permukaan luar sampai bagian bilah pada ventilasinya.

 

  • Bersihkan Filter

Selanjutnya, lepas filter pada AC. Jika tidak tahu cara melepasnya, ikutilah instruksi yang tertera pada buku petunjung AC. Setelah dilepas, gunakan mesin penyedot debu atau kuas kecil untuk menghapus debu dan kotoran mungkin sudah menumpuk di Filter.

Kemudian, cuci filter dan keringkan. Terakhir, lap filter dengan kain bersih untuk memastikan filter sudah kering dan tidak ada lagi debu yang menempel sebelum dipasang kembali.

 

  • Bersihkan Bagian Bilah Evaporator

Memasuki bagian terbesar pada unit indoor AC, yakni evaporator, pastikan dinding dan area lantai di sekitar AC sudah ditutup agar tidak kotor akibat tetesan yang kotor. Jika perlu, siapkan ember sebagai penampung air kotor yang mengucur.

Kemudian, gunakan cairan pembersih khusus untuk AC dan semprotkan ke bilah AC sehingga kumparan evaporator kembali bersih.

Dalam langkah ini, sebaiknya lebih berhati-hati dalam menyemprot agar tidak merusak komponen-komponen lainnya. Selain itu, partisi ini menempel pada AC dan tidak bisa dilepaskan.

 

  • Bersihkan Bagian Luar AC

Gunakanlah kuas untuk menyingkirkan debu dan kotoran yang menempal di bagian kisi-kisi pendingin. Pada bagian sempit, gunakan sikat berukuran kecil seperti sikat gigi.