Kenapa AC Harus di service

Service AC Pekanbaru – Kecanggihan teknologi saat ini semakin dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk mengusir hawa panas ketika bersantai sambil menonton televisi di siang hari. Ya, air conditioner atau AC seakan menjadi benda ajaib yang mampu memberikan kesejukan di ruangan rumah.

Terutama di daerah padat penduduk dengan bangunan yang didirika seakan tak berjarak, AC telah menjelma sebagai sebuah kebutuhan. Bahkan di perkantoran hingga di sekolah, penggunaan AC merupakan suatu keharusan untuk menciptakan kenyamanan ketika bekerja maupun belajar di kelas.

 

Perkembangan AC

Sebenarnya, bagaimana perkembangan pendingin udara ini hingga kian populer seperti sekarang?

 

Perkembangan AC

Jika menelisik jauh ke belakang, dahulu masyarakat Indonesia memanfaatkan kipas dari kayu untuk menghalau hawa panas. Kemudian, mulai dikembangkan kipas angin yang menggunakan tenaga listrik.

Hingga pada 1820, seorang ilmuan asal Inggris, Michael Faraday menciptakan temuan baru sebagai pendingin suhu udara dalam ruangan. Kemudian di tahun 1842, seorang dokter, John Gorrie menemukan alat yang menjadi cikal bakal teknologi pendingin dalam ruangan, sayangnya terhenti tanpa adanya penyempurnaan.

Dan akhirnya, proyek tersebut disempurnakan oleh seorang insinyur asal Amerika Serikat, Willis Haviland Carrier untuk kegiatan di industri percetakannya. Barulah pada 1927, AC mulai digunakan di rumah, dan untuk pertama kali difungsikan secara baik di hunian kawasan Minneapolis Minnesota.

Sampai saat ini AC terus dikembangkan sebagai benda elektronik yang lahir dari inovasi teknologi dan dirancang untuk menghasilkan udara sejuk, dingin dan sebagai penyaman udara. Kini, mesin penyejuk di saat udara hangat ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk terus menjaga suhu tetap stabil dan lembab, ataupun tergantung sifat udara di ruangan.

 

Kenapa AC Harus Diservice

Penggunaan AC yang cenderung hidup sepanjang waktu, terutama di saat cuaca panas mengharuskan pemiliknya untuk memberikan perawatan secara khusus. Sehingga, AC bisa awet dan tetap memberikan udara bersih sebagaimana fungsinya.

Salah satu upaya yang harus rutin dilakukan untuk menjaga AC bekerja secara optimal adalah dengan service secara rutin dan tidak hanya di saat AC mengalami kerusakan. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang menjadi alasan kenapa AC harus diservice, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

 

Hindari Bakteri dan Jamur

Kendati tampak bersih, namun sebenarnya AC tidak selalu dalam keadaan yang benar-benar bersih. Bahkan, tak jarang AC menjadi sarang berkumpulnya bakteri dan jamur yang disebabkan lembabnya bagian dalam mesin tersebut. Jika dibiarkan, bakteri dan jamur tentunya akan mendatangkan penyakit berbahaya untuk kesehatan keluarga, seperti penyakit kulit atau sinusitis.

Sebab itu, AC harus dirawat dengan melakun service secara rutin. Perawatan melalui service berkala juga akan membuat AC mempunyai performa dengan baik serta tentunya bebas bakteri dan jamur.

 

Karat

Meskipun terlihat sepele, karat pada AC ternyata bisa menjadi sumber masalah bagi kesehatan. Karat yang muncul biasanya dikarenakan paparan kondensasi udara bagian dalam AC dan Freon.

Jika komponen-kompoen penting di AC ini dibiarkan begitu saja, partikel dari karat tersebut akan terbawa oleh hembusan udara dari mesin tersebut. Jika partikel-partikel karat itu terhirup, maka akan berisiko pada kesehatan, seperti tenggorokan, hidung, bahkan masalah di paru-paru.

 

Mengganggu Pernapasan

Service AC dengan rutin juga akan menjaga filter sebagai penyaring udara tetap dalam keadaan bersih. Jika filter tidak dibersihkan, maka kotoran atau debu yang sering menepel akan membuat sistem penyaring udara AC tersebut menghasilkan udara yang berdebu pula.

Selain itu, sirkulasi udara jadi berjalan dengan tidak baik. Ditambah lagi, kandungan karbondioksida lebih banyak daripada oksigen yang dibutuhkan untuk bernapas.

Tentunya hal ini akan mengganggu pernapasan, serta berisiko timbulnya masalah kesehatan, seperti penyakit asma yang disebabkan debu yang ikut bersama udara dari AC, hingga penyakit TBC.

 

Penyebab Sakit Kepala

Apakah Anda sering merasakan sakit kepala? Banyak faktor yang menjadi penyebab sakit kepala, salah satunya AC, terlebih lagi jika Anda bekerja di bawah paparan AC sepanjang hari.

Selain beberapa hal di atas, AC yang tidak bersih menimbulkan suara berisik, namun tidak menghasilk udara dingin secara maksimal dan menjadi alasan kenapa AC harus diservice meski tidak dalam keadaan rusak.