Peluang Usaha Service AC

Tinggal di daerah tropis dan cenderung memiliki suhu hangat di sepanjang tahunnya, membuat masyarakat Indonesia mengandalkan Air Conditioner atau AC. AC dipilih untuk mengusir udara panas dan menciptakan hawa sejuk serta kenyamanan di dalam ruangan.

Di saat udara panas, AC merupakan salah satu elektronik yang bekerja hampir seharian agar udara di dalam ruangan dingin. Sehingga, dibutuhkan perawatan secara khusus untuk menjaga AC tetap bekerja dan menghasilkan kesejukan sebagaimana fungsinya.

Akan tetapi, tidak banyak yang menyadari pentingnya merawat AC dan berujung kerusakan pada mesin pendingin udara tersebut. Kondisi ini disertai tingginya minat terhadap penggunaan AC ternyata membuka peluang tersendiri bagi sebagian orang. Tingkat kesibukan yang tinggi hingga cenderung tidak memiliki waktu membersihkan dan merawat AC memunculkan peluang untuk membuka usaha service AC.

 

Peluang Usaha

Membuka usaha di bidang pelayanan perbaikan, perawatan atau service AC saat ini sangat diminati. Bahkan, beberapa tempat pelatihan kerja membuka kelas untuk memberikan keterampilan dalam memperbaiki mesin pendingin udara tersebut.

Adanya keahlian dalam memperbaiki tersebut kemudian dimanfaatkan untuk membuka usaha sendiri dalam bidang service AC. Terlebih lagi, saat ini pemasaran terhadap usaha service AC tidaklah sulit mengingat AC hampir digunakan di setiap bangunan, baik perkantoran, sekolah, tempat ibadah, bahkan hunian pribadi.

Selain itu, target konsumen usaha dalam bidang ini tidak hanya mencakup kalangan atas saja, tapi juga meliputi orang dari kelompok menengah di Indonesia. Dengan demikian, peluang untuk membuka usaha service AC yang menggiurkan sangat luas.

 

Tips Sukses Buka Usaha Service AC

Usaha dalam bidang memberikan service terhadap benda elektronik, seperti AC saat ini kian dibutuhkan masyarakat, mengingat tingkat kebutuhannya juga semakin tinggi. Selain itu, tidak semua orang bisa merawat atau memperbaiki AC sendiri, sehingga dibutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang ini.

Permintaan untuk service AC yang tinggi menjadi peluang usaha yang menggiurkan dan patut dicoba. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa diikuti agar sukses dalam memanfaatkan peluang usaha service AC. Di antaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Analisa Peluang

Indonesia merupakan salah satu negara beriklim tropis dan cenderung memiliki udara yang panas saat siang. Bahkan, ketika memasuki musim kemarau masyarakat di negeri ini merasa kegerahan. Tak heran, jika kebutuhan terhadap AC kian meningkat.

Artinya, peluang untuk meraup keuntungan dari usaha service AC juga terbuka lebar. Sebab, permintaan akan jasa service AC selalu dibutuhkan mengingat tidak semua pemilik bisa memperbaikinya. Peluang membuka usaha service AC tentunya sangat luas, terutama di daerah perkotaan.

 

  • Miliki Keahlian Teknisi AC

Satu-satunya keahlian yang sangat dibutuhkan dalam membuka usaha service AC adalah keterampilan dalam merawat hingga memperbaiki kerusakannnya. Jika Anda memiliki modal besar, kemungkinan untuk langsung merekrut seorang teknisi AC tentunya ada.

Namun, sebagai pemilik usaha akan lebih baik jika Anda lebih ahli daripada orang-orang yang Anda rekrut. Sebab, sangat penting bagi pemilik usaha service AC untuk mengetahui seluk beluk AC agar dapat dengan mudah mengetahui keluhan pelanggan.

 

  • Lengkapi Peralatan Service

Selain keahlian, tentunya peralatan dalam service AC juga menjadi keharusan dalam membuka usaha di bidang ini. Maka pastikan peralatan service AC sudah dilengkap untuk menghindari kesulitan saat melayani keluhan pelanggan.

 

  • Kerjasama dengan Penyedia Sparepart AC

Membuka usaha service AC juga mengharuskan Anda untuk menyediakan segala bentuk sparepart mesin pendingin udara tersebut. Agar mendapatkan harga yang rendah, akan lebih baik untuk bekerjasama dengan penyedia sparepart AC.

Selain harganya lebih rendah, membeli dan menjadi langganan hingga menjalin kerjasama dengan penyedianya akan melengkapi ketersediaan sparepart AC di usaha Anda. Alhasil, konsumen pun akan senang sebab keluhan terhadap AC-nya dapat teratasi.

 

  • Tawarkan Langsung ke Konsumen

Saat pertama kali membuka usaha, mendapatkan konsumen mungkin akan terasa sangat sulit mengingat service AC Anda masih terbilang baru. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk langsung menawarkan jasa service AC Anda langsung ke konsumen.

Misalnya, dengan membuat selebaran dan memberikannya di perumahan maupun di tempat-tempat keramaian. Memang terlihat kuno, namun cara konvensional ini masih sangat efektif untuk mendatangkan pelanggan.