Review AC Daikin Inverter

Service AC Pekanbaru – Indonesia memiliki iklim tropis dengan suhu hangat yang mendominasi sepanjang tahun. Tidak heran penggunaan Air Conditioner (AC) di rumah, kantor hingga sekolah menjadi sebuah kebutuhan untuk mendinginkan hangatnya hawa di dalam ruangan.

Tak hanya untuk mengubah udara hangat menjadi sejuk, AC juga menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan udara bersih, mengingat polusi udara selalu menghantui terutama diperkotaan dengan padat penduduk.

Salah satu AC yang banyak dipilih di Indonesia adalah AC produksi Daikin. Setelah malang melintang bergerak di bidang elektronik, perusahaan asal Jepang ini akhirnya menjadi market leader sebagai perusahaan penghasil AC, terutama di Asia. Hingga kini, Daikin terus melengkapi produksi AC dengan teknologi canggih serta modern sampai menjadi primadona di tanah air.

 

Jenis-jenis AC Daikin

Saat ini Daikin telah memproduksi beragam jenis dengan berbagai tipe. Beberapa di antara jenis AC Daikin adalah sebagai berikut ini:

 

  • Low Watt

AC Daikin Low Watt memiliki kompresor berdaya yang lebih rendah, namun dibanderol yang relatif murah. Saat AC mengalami kondisi yang berubah, seperti dari nyala ke mati atau sebaliknya, AC ini bisa jadi jauh lebih hemat.

Sayangnya, butuh waktu lama untuk mencapai suhu dingin sesuai kebutuhan. Selain itu, jenis AC Daikin Low Watt cenderung gadung dan belum dilengkapi teknologi yang sangat canggih.

 

  • Non Inverter

AC Daikin jenis non inverter memiliki sistem kendali untuk kecepatan kerja pada kompresornya. Saat AC dinyalakan, kompresor akan bekerja dengan kecepatan powerfull. Mengenai perawatannya, tidak butuh banyak biaya untuk merawat  AC Daikin non inverter.

  • Inverter

Inverter merupakan jenis AC produksi Daikin yang menyatukan inverter listrik dengan kecepatan motor dan dapat disesuaikan. Bahkan, inverter diklaim sebagai AC yang paling mumpuni dalam menghemat listrik.

Konsumsi listrik yang hemat dalam penggunaan AC Inverter dari Daikin ini dikarenakan kecilnya daya tarikan pertamanya hingga mampu menghemat hingga 1/3 dari daya tarikan dibandingkan jenis lainnya.

Tak hanya itu. AC inverter khusus difungsikan sehingga beban kerjanya menjadi lebih ringan, tapi memakan daya yang sedikit serta mendinginkan ruangan lebih cepat.

 

Review AC Daikin Inverter

Dari beberapa jenis AC keluaran Daikin, sampai saat ini inverter yang paling diminati. Selain hemat, AC Daikin Inverter cenderung lebih stabil tanpa ketimpangan pada perubahan suhu udara yang sangat halus.

Kebanyakan AC  tidak menghasilkan suhu yang stabil, terkadang terlalu dingin atau terlalu panas. Namun, AC Daikin inverter justru menjadikan ruangan bersuhu dan stabil sehingga lebih nyaman.

AC Daikin inverter terbukti menyejukkan, tanpa menyebabkan kantong membengkak. Terlebih lagi, sistem inverter menerapkan teknologi yang kekinian yang mampu mengendalikan pemakaian daya listrik dan kinerja pada kompresor. Kapasitas pada pendinginnya sangat menakjubkan serta mampu memangkas konsumsi energy sampai 40%.

Pemanfaatan teknologi swing kompresor membuat pengoperasiannya tanpa mengeluarkan suara yang seringkali mengganggu tidur Anda juga menghindari dari kebocoran refrigeran. Meski tenang, AC Daikin inverter mampu menyejukkan secara stabil.

Selain itu, AC Daikin inverter memiliki daya tahan yang dijamin tinggi. Hal ini dikarenakan penggunaan PCB board coating yang mampu melindungi pendingin ruangan Anda dari gangguan hewan pengerat. Surge protection yang ada juga melindungi AC dari listrik bertegangan tidak stabil.

Menariknya lagi, AC Daikin inverter sudah mengadopsi pendingin refrigeran berteknologi terbaru, yakni R32. Pembaruan dari inovasi ini sudah bebas dari kemungkinan terjadinya kerusakan pada lapisan ozon yang sampai saat ini menjadi kekhawatiran banyak orang. Jika dibandingkan refrigeran yang konvensional, potensi terjadi pemanasan global hanya sebesar 1/3 persen saja.

Namun setiap produk tentunya memiliki kekurangan tersendiri, termasuk untuk AC Daikin inverter ini. Kekurangannya, AC Daikin inverter dibanderol dengan harga yang tinggi. Kemudian, kawat di dalam kompresor bagian outdoor tidak begitu awet, sehingga dibutuhkan perawatan yang baik. Dan kekurangan lainnya juga terdapat pada main board DC yang sering mengalami kerusakan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, dengan adanya service center yang tersebar di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, setiap produk AC Daikin, termasuk jenis inverter dilengkapi garansi.