Tips Memilih Merk AC

Service AC Panam, Tinggal di negara dengan iklim tropis yang cenderung panas sepanjang tahunnya, seakan membuat terik matahari sebagai musuh terbesar terutama saat musim kemarau. Kita patut berterimakasih terhadap John Gorrie serta Willis Carrier, sang penemu benda ajaib yang mampu mengubah udara panas menjadi dingin dan sejuk, yakni air conditioner atau AC.

Hingga kini, AC semakin dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seiring dengan tinggi permintaan di tengah masyarakat. Bahkan, AC menjadi teknologi paling dibutuhkan ketika hawa panas dan gerah menyerang di siang hari.

Di saat suhu panas semakin tinggi, penggunaan AC kian dibutuhkan bahkan terus menyala hampir sepanjang hari. Sayangnya, kebiasaan ini justru membuat tagihan listrik membengkak dan AC rentan rusak yang membuat Anda harus mempersiapkan anggaran tambahan untuk biaya service.

 

Cara Tepat Memilih AC

Ketika memutuskan memasang AC di rumah, sebaiknya jangan asal beli dan tergiur oleh harga yang murah. Untuk itu, ada beberapa cara dalam memilih AC sesuai kebutuhan antara lain sebagai berikut:

  • PK Sesuai Ukuran Ruangan

Saat membeli AC sangat penting untuk menyesuaikan besaran pada PK dengan ukuran ruangan rumah Anda. PK merupakan Paardekracht merupakan besaran daya yang dihasilkan AC.

Sebaiknya ketahui ukuran luas ruangan untuk dapat menentukan besar PK pada AC yang ingin dibeli. Sehingga, saat dipasang suhu dari AC dapat menyebar secara rata.

 

  • Jenis AC Sesuai Kebutuhan

AC memiliki beberapa jenis sesuai kebutuhan. Di antaranya, jenis AC Split, standing floor atau cassete. Untuk penggunaan di rumah, sebaiknya pilih jenis AC cassete atau split sesuai kondisi ruangan. Selain itu, AC jenis split umumnya banyak digunakan.

 

  • Tipe AC

Saat ini, AC mempunyai tiga tipe yakni inverter, low watt dan standar. Namun dari cara kerjanya, low watt dan standard sebenarnya sama saja. Jika rumah Anda memiliki berkapasitas listrik yang kecil sebaiknya pilih tipe AC low watt agar lebih hemat listrik.

 

  • Perhatikan Fitur AC

Selanjutnya, perhatikan fitur AC agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum memutuskan membeli, sebaiknya ketahui fitur-fitur penting pada AC, seperti dilengkapi dengan mode otomatis atau memiliki tingkat konsumsi daya yang rendah.

 

Tips Memilih Merk AC

Seiring dengan kian dibutuhkannya penggunaan AC di Indonesia, terutama di perkotaan, produsen AC pun terus berinovasi untuk melengkapi fitur-fitur canggih pada elektronik buatannya. Tak heran, jika saat ini ada banyak merk AC yang dapat dipilih dengan berbagai keunggulannya masing-masing.

Akan tetapi, sebaiknya pilihlah AC dari merk yang sudah terpercaya dan memiliki keunggulan sesuai kebutuhan, seperti berikut ini:

 

  • Daikin

Daikin merupakan salah satu merk AC yang terkenal di Indonesia. Banyak bangunan baik perkantoran, sekolah, rumah sakit hingga hunian pribadi memilih menggunakan AC merk Daikin.

Merk dari perusahaan AC asal Jepang ini sudah dilengkapi fitur unggulan yakni comfortable airflow control, energy saving dan quiet operation. Fitur-fitur tersebut akan menjadikan rumah lebih sejuk dan nyaman, tanpa harus dipusingkan oleh tagihan listrik yang membengkak karena hemat listrik.

 

  • LG

LG termasuk salah satu merk AC yang juga banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Fitur-fitur yang melengkapi AC keluaran merk LG mampu mensterilkan udara dari bau dan bakteri hingga 99,99% dengan adanya ionizer serilization.

Selain itu, fitur lainnya yang menjadi andalan LG adalah jet cool, yang mampu mendinginkan dan memberikan kesejukan di ruangan dengan lebih cepat. Adapula fitur active energy control yang memudahkan Anda mengendalikan energi agar konsumsi listrik lebih hemat dan efektif.

 

  • Panasonic

Selain dua merk di atas, satu lagi AC yang menjadi pilihan masyarakat Indonesia adalah Panasonic. Menariknya, AC merk Panasonic ini memiliki kemampuan melumpuhkan bakteri, virus, dan jamur hingga 99% melalui fitur Advance E-ion Purifying System, yang juga membuat udara lebih sejuk, segar, serta bebas penyakit.

Tak hanya itu, teknologi mild dry cooling AC keluaran Panasonic ini bisa mempertahankan tingkat kelembaban sampai 10%.

Nah, itu dia beberapa tips memilih merk AC yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan bisa menjadi pertimbangan ketika akan membeli atau mengganti AC di rumah Anda.